Apa Yang Harus Dilakukan Seseorang Jika Mengetahui Terinfeksi HIV atau Hepatitis ?

Published by windu On Sabtu, 17 September 2011 0 komentar


Baik HIV/AIDS atau Hepatitis adalah istilah yang relatif baru, masing-masing dengan intonasi medis, terapeutik, religius dan kepemerintahan yang baru bagi orang-orang Indonesia. Kedua-duanya menciptakan realita dan krisis yang menghawatirkan di tengah masyarakat Indonesia umumnya.

Dengan HIV, dan kadang dengan Hepatitis C, masyarakat melekatkan 'stigma(mengartikan) menakutkan' kepada virus-virus ini. Sering kali terutama ketika orang-orang mengetahui seseorang terinfeksi HIV, mereka didiskriminasi dan diperlakukan seperti orang buangan, seperti seolah-olah tidak bisa disentuh. Orang-orang yang melakukan ini selalu merupakan orang-orang yang tidak mempunyai informasi dan tidak dapat edukasi(pelajaran) mengenai virus-virus ini.

Kenyataannya adalah cuma sedikit sekali orang yang tahu apa yang harus dilakuakan dengan seseorang yang terkena HIV atau Hepatitis! Para Dokter dan Terapis, seringakali sangat tidak yakni dengan apa yang terinfeksi salah satu virus ini! Indonesia adalah negara miskin, negara berkembang, dan kebanyakan orang tidak mampu membayar pengobatan untuk kedua penyakit ini seringkali membutuhkan perawatan bertahun-tahun, dan perawatannya sangat mahal.

Selain itu, para Dokter dan Terapis(dan pengobatan tradisional) seringkali hanya memberikan sedikit informasi tentang virus-virus tersebut kepada mereka yang terinfeksi. Sebenarnya bahkan banyak yang ternyata memberika informasi yang salah tentang virus ini, dibandingkan informasi yang akurat. Meski disayangkan, mereka takdapat disalahkan, karena pendidikan dan latihan mereka terbatas, dan juga pengetahuan mereka tentang perawatan, komseling kesehatan/perewatan/kwsejahteraan dan pengamalan kerja langsung yang berkaitan dengan virus-virus tersebut.

Hanya sedikit kaum 'Profesional Indonesia' yang punya informasi akurat tentang HIV/AIDS dan Hepatitis, dan sekaligus memepu mengkomunikasikan informasi tersebut dengan benar.

Jika seseorang mengetahui HIV/AIDS atau Hepatitis, informasi terbaik dan paling akutat dapat menukan di internet(contohnya Blog ini) . Tetapi, kebanyakan informasi tersebut dalam bahasa inggris! Saat ini, LSM memiliki informasi paling akurat tersedia untuk masyarakat umum. Kebanyakan LSM mudah ditemukan di seputar Indonesia.

Namum kenyataannya adalah, saat ini hanya ada sedikit informasi pengobatan atau terapi mengenai kedua virus ini di Indonesia. Karena hanya ada sedikit sekali spesialis atau ahli dengan pendidikan atau pelatihan yang berualitas, atau memiliki pengalaman langsung mengenai ini.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar